OPTIMALISASI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS UMKM KARYA SALUNGKA BIMA KECAMATAN WOHA)
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi usaha yang masih bisa bertahan di masa krisis moneter. Salah satu faktor bertahannya UMKM ini karena memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya seperti modal, bahan baku sumber daya manusia dan peralatan. Selain hal tersebut, ternyata UMKM juga berperan penting terhadap efektifitas penyerapan tenaga kerja dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Kabupaten yang terus mengupayakan optimalisasi UMKM salah satunya Kabupaten Bima dengan UMKM Salungka yang menjadi salah satu citra daerah. Optimalisasi ini sangat penting dalam mencari alternatif dengan memaksimalkan ataupun meminimalkan faktor yang diinginkan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primen dan data skunder. Teknik pengumpulan data ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, penelitian di analisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) faktor pendukung UMKM Karya Salungka Bima dalam meningkatkan perekonomian meliputi sejarah yang dimiliki salungka Bima, dukungan dari pemerintah kabupaten dan pakem dan kualitas yang terus dijaga dan faktor penghambatnya meliputi persaingan dengan sarung tenun lainnya, adanya pandemi covid 19, dan sumber daya manusia (2) strategi pengembangan Sarung Tenun Salungka sebagai bentuk optimalisasi dalam meningkatkan perekonomian yaitu dengan (a) pemanfaatan biaya yang dilakukan dengan membatasi produksi dengan membelanjakan sesuai kebutuhan, jam masuk karyawan dan jumlah kain yang diberikan untuk petenun juga dibatasi untuk tetap berproduksi di masa pandemi. Selanjutnya (b) pengambilan keputusan dalam menentukan harga produk yang dilihat dari beberapa aspek yaitu tenaga prosesnya, bahan dan motif. Selain itu pengambilan keputusan mengenai gaji untuk karyawan tetap dan karyawan freelance yang berbeda. Lalu keputusan tentang pemasaran dengan promosi dan distribusi untuk menjaring konsumen. (c) pemberdayaan sumber daya manusia melalui perekrutan karyawan dengan mengutakan warga sekitar dan pemberdayaan melalui pelatihan dan sosialisasi untuk mengasah bakat dan kemampuan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal. 2018. Liberalisasi Rekritmen Sumber Daya Manusia Perbankan
Syariah. Pamekasan: Duta Media Publishing
Agusetyaningrum, Verniaputri dkk. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Kecil
dan Menengah (UKM) Untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai
Destinasi Wisata Kuliner. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 38, No 2
Ali, Muhammad Aidi. 2016. Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen
Berdasarkan Teori Antrian Pada Kaltimgps.com di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol 2 Nomor 3
Alyas dan Muhammad Rakib. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil
dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyata. Jurnal Sosiohumaniora. Volume 19 No 2
Ambar Wahyu Kristianingrum, (2020) Optimalisasi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus Umkm Griya Bati K Tulis Rahayu Desa Sumbergedong Kecamatan Trenggalek).; http://repo.uinsatu.ac.id/19252/
Andayani, Sri dan Nekky Rahmiyati. 2020. Stratgei Optimalisasi Pemberdayaan
UMKM di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Of Business and Economics Research (JBE). Vol. 1 No. 2
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak
Anzizhan, Syafaruddin. Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo
Assauri, Sofjan. 2013. Strategic Management: Sustainable Competitive
Advantage. Jakarta: Rajawali Pers
Cannon, Joseph. P. dkk. 2008. Pemasaran Dasar. Jakarta: Salemba Empat
Darmanto dkk. 2018. Kiat Percepatan Kinerja UMKM dengan Model Strategi
Orientasi Berbasis Lingkungan. Yogyakarta: CV BudiUtama
David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat
Departemen Agama RI. 1971. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Al Karim Raja Fath
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1989. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Ekawarna. 2010. Manajemen Badan Usaha dan Koperasi. Jakarta: Gaung Persada
Fahmi, Irham. 2014. Kewirausahaan: Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta
Handini, Sri dkk. 2019. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Surabaya: Scopindo
Haryanti, Dewi Meisari dan Isniati Hidayah. ttps://www.ukmindonesia.id/bacaartikel/62. diakses pada 31 Agustus 2019 pukul 20.36
Haryanto, Nanang. 2016. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah
melalui Program Corporate Social Responsibility Memasuki Pasar Bebas. Jurnal Jejaring Administrasi Publik. Vol 8 No 1
Hery. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Grasindo
Idris, Amiruddin. 2016. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: GP. Press
Khamarullah, Akbar dkk. Strategi Dan Dampak Pengembangan Usaha Mikro,
Kecil, dan Menengah Berbasis Minapolitan (Studi pada Dinas Kelautan
dan Perikanan Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 2 No. 5
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran: Edisi 12
Jilid I. Jakarta: PT Indeks
Lee, Monle dan Carla Johnson. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam
Perspektif Global, trj. Haris Munandar. Jakarta: Kencana Media Group
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher
Maryani, Dedeh dan Ruth Roselin E. Nainggolan. 2019. Pemberdayaan
Masyarakat. Yogyakarta: CV Budi Utama
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Nurhayati, Siti. 2020. Merdeka Berpikir. Surabaya: Unitomo Pers
Oentoro, Jimmy B. 2001. Indonesia Satu, Indonesia Beda. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Poetri, Anatatsa Dai dan Yulia Nurendah. 29018. injauan Atas Perencanaan
Pengembangan Bisnis Jasa Pada The Mirah Hotel Bogor. Artikel.
Poniman, Farid dan Yayan Hdiyat. 2015. Manajemen HR STIFIn Terobosan
untuk Mendongkrak Produktivitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Rotonga, Zuriani. 2020. Manajemen Strategi. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020
Salusu, J. 2015. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan
Organisasi Nonprofit. Jakarta: PT Grasindo
Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: Refrika Aditama
Sidik, Machfud. 2001. Optimalisasi Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Dalam
Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah. Artikel
Siringoringo, Hotniar. 2005. Pemograman Linear: Seri Teknik Riset Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suandi, Edy dan Y. Sri Susilo. 2011. Strategi pengembangan usaha mikro kecil
dan menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 12 No 1
Subagiyo, Rokhmat. 2017. Metode Penelitian Ekonomi Islam: Konsep dan
Penerapan. Jakarta: Alim’s Publishing
Subandi. 2014. Ekonomi Pembangunan. Bandung: Alfabeta
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kuallitatif: Skripsi dan
Tesis. Yogyakarta: Suaka Media
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sukandarrumidi. 2006. Metode Penelitian Petunjuk Praktis untuk Penelitian
Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sulisyto. 2010. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dengan Basis
Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi. Vol 6, No 1
Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner dan Analisis Data Untuk Pemasaran
dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu
Penting. Jakarta: LP3ES
Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metodologi Penelitian I. Yogyakarta: Teras
Widaningsih dan Ariyanti. 2018. Aspek Hukum Kewirausahaan. Malang: Polinema Press
Winardi. 1996. Pengantar Manajemen Penjualan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Wuisang, Jerry RH dkk. 2019. Konsep Kewirausahaan dan UMKM. Sulawesi Utara: Yayasan Makaria Waya
Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV Andi Offset
DOI: https://doi.org/10.56842/esa.v1i2.104
Refbacks
- There are currently no refbacks.