OPTIMALISASI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS UMKM KARYA SALUNGKA BIMA KECAMATAN WOHA)

Mawardi Mawardi, Wahyu Ramadhana, Kamaluddin Kamaluddin

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi usaha yang masih bisa bertahan di masa krisis moneter. Salah satu faktor bertahannya UMKM ini karena memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya seperti modal, bahan baku sumber daya manusia dan peralatan. Selain hal tersebut, ternyata UMKM juga berperan penting terhadap efektifitas penyerapan tenaga kerja dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Kabupaten yang terus mengupayakan optimalisasi UMKM salah satunya Kabupaten Bima dengan UMKM Salungka yang menjadi salah satu citra daerah. Optimalisasi ini sangat penting dalam mencari alternatif dengan memaksimalkan ataupun meminimalkan faktor yang diinginkan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primen dan data skunder. Teknik pengumpulan data ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, penelitian di analisis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa : (1) faktor pendukung UMKM Karya Salungka Bima dalam meningkatkan perekonomian meliputi sejarah yang dimiliki salungka Bima, dukungan dari pemerintah kabupaten dan pakem dan kualitas yang terus dijaga dan faktor penghambatnya meliputi persaingan dengan sarung tenun lainnya, adanya pandemi covid 19, dan sumber daya manusia (2) strategi pengembangan Sarung Tenun Salungka sebagai bentuk optimalisasi dalam meningkatkan perekonomian yaitu dengan (a) pemanfaatan biaya yang dilakukan dengan membatasi produksi dengan membelanjakan sesuai kebutuhan, jam masuk karyawan dan jumlah kain yang diberikan untuk petenun juga dibatasi untuk tetap berproduksi di masa pandemi. Selanjutnya (b) pengambilan keputusan dalam menentukan harga produk yang dilihat dari beberapa aspek yaitu tenaga prosesnya, bahan dan motif. Selain itu pengambilan keputusan mengenai gaji untuk karyawan tetap dan karyawan freelance yang berbeda. Lalu keputusan tentang pemasaran dengan promosi dan distribusi untuk menjaring konsumen. (c) pemberdayaan sumber daya manusia melalui perekrutan karyawan dengan mengutakan warga sekitar dan pemberdayaan melalui pelatihan dan sosialisasi untuk mengasah bakat dan kemampuan.


Keywords


Optimalisasi, Strategi Pengembangan, UMKM

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2018. Liberalisasi Rekritmen Sumber Daya Manusia Perbankan

Syariah. Pamekasan: Duta Media Publishing

Agusetyaningrum, Verniaputri dkk. 2016. Strategi Pengembangan Usaha Kecil

dan Menengah (UKM) Untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai

Destinasi Wisata Kuliner. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 38, No 2

Ali, Muhammad Aidi. 2016. Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen

Berdasarkan Teori Antrian Pada Kaltimgps.com di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol 2 Nomor 3

Alyas dan Muhammad Rakib. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil

dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyata. Jurnal Sosiohumaniora. Volume 19 No 2

Ambar Wahyu Kristianingrum, (2020) Optimalisasi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat (Studi Kasus Umkm Griya Bati K Tulis Rahayu Desa Sumbergedong Kecamatan Trenggalek).; http://repo.uinsatu.ac.id/19252/

Andayani, Sri dan Nekky Rahmiyati. 2020. Stratgei Optimalisasi Pemberdayaan

UMKM di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Of Business and Economics Research (JBE). Vol. 1 No. 2

Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Anzizhan, Syafaruddin. Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo

Assauri, Sofjan. 2013. Strategic Management: Sustainable Competitive

Advantage. Jakarta: Rajawali Pers

Cannon, Joseph. P. dkk. 2008. Pemasaran Dasar. Jakarta: Salemba Empat

Darmanto dkk. 2018. Kiat Percepatan Kinerja UMKM dengan Model Strategi

Orientasi Berbasis Lingkungan. Yogyakarta: CV BudiUtama

David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat

Departemen Agama RI. 1971. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: Al Karim Raja Fath

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1989. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Ekawarna. 2010. Manajemen Badan Usaha dan Koperasi. Jakarta: Gaung Persada

Fahmi, Irham. 2014. Kewirausahaan: Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta

Handini, Sri dkk. 2019. Strategi Pemberdayaan Masyarakat. Surabaya: Scopindo

Haryanti, Dewi Meisari dan Isniati Hidayah. ttps://www.ukmindonesia.id/bacaartikel/62. diakses pada 31 Agustus 2019 pukul 20.36

Haryanto, Nanang. 2016. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

melalui Program Corporate Social Responsibility Memasuki Pasar Bebas. Jurnal Jejaring Administrasi Publik. Vol 8 No 1

Hery. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Grasindo

Idris, Amiruddin. 2016. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: GP. Press

Khamarullah, Akbar dkk. Strategi Dan Dampak Pengembangan Usaha Mikro,

Kecil, dan Menengah Berbasis Minapolitan (Studi pada Dinas Kelautan

dan Perikanan Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 2 No. 5

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran: Edisi 12

Jilid I. Jakarta: PT Indeks

Lee, Monle dan Carla Johnson. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam

Perspektif Global, trj. Haris Munandar. Jakarta: Kencana Media Group

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher

Maryani, Dedeh dan Ruth Roselin E. Nainggolan. 2019. Pemberdayaan

Masyarakat. Yogyakarta: CV Budi Utama

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Nurhayati, Siti. 2020. Merdeka Berpikir. Surabaya: Unitomo Pers

Oentoro, Jimmy B. 2001. Indonesia Satu, Indonesia Beda. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Poetri, Anatatsa Dai dan Yulia Nurendah. 29018. injauan Atas Perencanaan

Pengembangan Bisnis Jasa Pada The Mirah Hotel Bogor. Artikel.

Poniman, Farid dan Yayan Hdiyat. 2015. Manajemen HR STIFIn Terobosan

untuk Mendongkrak Produktivitas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rotonga, Zuriani. 2020. Manajemen Strategi. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020

Salusu, J. 2015. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan

Organisasi Nonprofit. Jakarta: PT Grasindo

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Strategi. Bandung: Refrika Aditama

Sidik, Machfud. 2001. Optimalisasi Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Dalam

Rangka Meningkatkan Kemampuan Keuangan Daerah. Artikel

Siringoringo, Hotniar. 2005. Pemograman Linear: Seri Teknik Riset Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suandi, Edy dan Y. Sri Susilo. 2011. Strategi pengembangan usaha mikro kecil

dan menengah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 12 No 1

Subagiyo, Rokhmat. 2017. Metode Penelitian Ekonomi Islam: Konsep dan

Penerapan. Jakarta: Alim’s Publishing

Subandi. 2014. Ekonomi Pembangunan. Bandung: Alfabeta

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kuallitatif: Skripsi dan

Tesis. Yogyakarta: Suaka Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sukandarrumidi. 2006. Metode Penelitian Petunjuk Praktis untuk Penelitian

Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sulisyto. 2010. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dengan Basis

Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi. Vol 6, No 1

Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner dan Analisis Data Untuk Pemasaran

dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu

Penting. Jakarta: LP3ES

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metodologi Penelitian I. Yogyakarta: Teras

Widaningsih dan Ariyanti. 2018. Aspek Hukum Kewirausahaan. Malang: Polinema Press

Winardi. 1996. Pengantar Manajemen Penjualan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Wuisang, Jerry RH dkk. 2019. Konsep Kewirausahaan dan UMKM. Sulawesi Utara: Yayasan Makaria Waya

Yunus, Eddy. 2016. Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.56842/esa.v1i2.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.