PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA SICEPAT EXPRES KOTA BIMA

Subhan Subhan, Muhajirin Muhajirin, Intisari Haryanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen si cepat expres kota Bima. Jenis penelitian ini termasuk penelitian asosiatif, metode ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih, yaitu variabel (x) dan (y). Penelitian Ini Di Lakukan Di Sicepat Expres Cabang Kota Bima. Adapun instrument penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah koesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu: 1) Observasi; 2) Kuesioner; 3) Studi Pustaka. Teknik analisis data menggunakana: 1) Uji Validasi dan Reliabilitas; 2) Uji asusmis klasik; 3) Uji regresi linier berganda; 4) Uji koefisien korelasi berganda; 5) Uji koefisien determinasi; 6) Uji signifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) H1 diterima: Karena secara parsial kualitas pelayanan Mempunyai Pengaruh positif dan Signifikan Terhadap kepuasan konsumen pada sicepat expres cabang Bima; 2) H2 ditolak: Karena secara parsial kepercayaan konsumen tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan Konsumen sicepat expres cabang bima atau; 3)  H3 diterima: karena berdasarkan Uji F Diketahui Bahwa Variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen Mempunyai Pengaruh yang positif dan Signifikan Secara Simultan terhadap kepuasan Konsumen pada sicepat expres cabang Bima. Secara keseluruhan kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Sicepat Expres cabang Bima.

Keywords


Kualitas pelayanan, kepercayaan, kepuasan konsumen, sicepat

Full Text:

PDF

References


Alfi Syahri Lubis, “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam”, Ejournal Polibatam, Vol. 1 No. 2 (Batam: Polibatam,2017), hal. 86

Andersson, P., & Karlström, K. (2014).Factors influencing a customer’s loyalty in B2B relationships.Halmstad University.

Cruz, A. P. S. (2013). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop CAbang H.M. Yamin Medan.Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan.Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1),37–44.

Handi Irawan D, Sepuluh Prinsip Keputusan Pelanggan. (Jakarta: Elexmedia Kompuntindo, 2002), hal. 37

Handoko, B. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsmen Di Titipan Kilat JNE Medan.17(1), 1–13.

Manus,W. F. 2015. Kualitas produk, harga, dan kualitas layanan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar Tri di Kelurahan Wawalintouan Tondano Barat.Jurnal EMBA. Vol. 3 No. 2 Juni 2015.

Pratama, Y. (2015). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PO. Rosalia Indah Di Palur Karanganyar Dengan Fasilitas Sebagai Variabel Moderasi. 181–188.

Pandanaran Semarang.Jurnal Sosiotekno. ISSN 2337-7003.Vol.2 Edisi 2014. Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa prinsip,penerapan,penelitian.Yogyakarta : Andi 50

Rokhmat Subagiyo, Metode Penelitian Ekonomi Islam Konsep dan Penerapan. (Jakarta: Alim’s Publishing, 2017), hal. 63.

Roring, F., Oroh, S., & Gulla, R. (2015).Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace Inn.Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1313–1322.

Suwarsono, E. 2013. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas LayananTerhadap Kepuasan Pelanggan Di UD. Kausar Jaya Purwodadi. Universitas

Wati, E. I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Larissa Aesthetic Center Kota Kediri.

Wijaya, C. V. (2017). KEPUASAN KONSUMEN DEPOT MADIUN MASAKAN KHAS BU RUDY.5(1).

Wijaya, J., Supariyani, E., & Widjojo, S. (2014). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Pemasangan Wallpaper Terhadap Kepuasan Konsumen.2(1), 51– 58.




DOI: https://doi.org/10.56842/esa.v1i2.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.