PENERAPAN MANAJEMEN OPERASIONAL USAHA PERCETAKAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM SISI KERTAS BIMA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pentingnya penerapan manajemen operasional suatu usaha guna melihat seberapa besar efektivitas kepuasan konsumen terhadap produk yang diproduksi oleh usaha percetakan UMKM Sisi Kertas Bima.
Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif, metode penelitian yang berlandasan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah kunci pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik pengumpulan trianggulasi, analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian ini lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Pengelolaan operasional yang diterapkan pada usaha percetakan UMKM sisi kertas Bima dengan melakukan planning, organizing, actuanting, dan controlling, (2) Efektivitas yang digunakan dalam penerapan manajemen operasional guna menjaga kualitas dan meningkatkan kepuasan konsumen. Terbukti dengan menciptakan kualitas produk yang bagus dan selesai tepat waktu sehingga konsumen merasa puas dengan apa yang di dapat saat membeli produknya.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achyari, Agus. 2011. Manajemen operasi. Banten: Penerbit Universitas Terbuka Kementrian Kebudayaan dan pendidikan.
Anggraeni, Dita Putri et.al. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis(JAB). Vol. 37. No.1
Batlajery, Samuel. 2016. Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke,
Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial Vol. VII No.2.
Dhuri, Moch. 2013. Strategi dan Pengelolaan Studio Musik Wawan-Wiwit
untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Kabupaten Pati. Semarang: Skripsi tidak diterbitkan.
Ghazali, Firman. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Minyak Kayu Putih pada
Ketel Walbarua Di Desa Ubun, Pasuruan: CV.Qiara Media
Harsanto, Budi. 2013. Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Sumedang: UNPADPress.
Angkara Gede Eka Dharma. 2015, Peningkatan Inovasi Teknologi Tepat
Guna dan Program Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Untuk Memajukan Industri Kreatif di Bali. Jurnal Pasti Volune IX No. 3, 257- 268, Bali.
A.H Muhni. 2009. Teknologi Tepat Guna dalam Prepektif Pemberdayan
Masyarakat, bekasi 4 April
Anggoro Suryo. 2018. Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Industri Batik
Kayu Di Bantul Tahun 2018(Tesis pada studi Ekonomi syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Arikunto Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Bashith Abdul. 2012. Ekonomi Kemasyarakatan: Visi dan Strategi
Pemberdayaan Sektor Ekonomi Lemah. Malang: UIN Maliki Press.
Hiariey Lilian Sarah. 2015. Pemberdayaan Ekonomi Nelayan Pengolah
Ikan Asap di Desa Hative Kecil Kota Ambon, Jurnal Matematika Sains dan Teknologi, Vol. 16, No. 1, Agustus.
Indianti Nur, dkk. 2004. Metode Penelitian Praktis. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Moleong Lexy. J. 2009. Metodologi, Metodoligi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Michael P., Todaro. 2006.
Pembagunan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Munaf Dicky R., Thomas Suseno, Rizaldi Indra Janu, Aulia M. Badar. 2008. Peran Teknologi Tepat Guna Untuk Masyarakat Daerah
Perbatasan. Jurenal Sosio Teknologi Edisi 13 Tahun 7 April 2008Nizar Muhammad.”Pengaruh Sumber Daya Manusia, Permodalan dan Pemasaran terhadap Kinerja Usaha Kecil dan Menmengah Sari Apel Di kecamatan Tutur”. Iqtisshoduna Vol. 7 April 2018.
Purnomo, Nurhayati. 2018. Teknologi Tepat Guna untuk Usaha Ikan Asin
Bencana Rob. jurnal Surya Masyarakat vol. 1 No. 1 November 2018 Rahayu Alifia Mareta Siti. 2019. Analisis Pengaruh Pembiayaan Lembaga Keuangan Syariah, Sumber Daya Manusia Dan Teknologi Terhadap Perkembangan Umkm Knalpot Di Purbalingga Jawa Tengah 2019.( Tesis pada studi Menejemen Ekonomi Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rahmawati Anita. jurnal tahun 2012. Model Perilaku Penerimaan Internet
Banking Di Bank Syariah: Peran Motivasi Spiritual. (Konferensi Internasional Tahunan Tentang Studi Islam XII, 5-8 November 2012, Surabaya).
Ratodi M.. 2015. Kajian Karakteristik Iklim Mikro dalam Pemukiman
:Sebuah Pendekatan Berwawasan Lingkungan Untuk Penataan
Lingkungan Binaan. Volume 12 No.2 2 Juli 2015.Soetomo. 2006. Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rianse Usman dan Abdi. 2008. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi:
teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Tanzed Ahmad. 2004. Metodologi Penelitian Praktis. Jakarta: Bima Ilmu.
Wahidmurni. 2008. Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian
Lapangan. Malang: UM Press.
Subagiyo Rokhmat. 2017. Metode Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Alim’s Publishing.
Putri, Rami Syah dan Indra Safiti. 2015. Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada PT. Pekan Perkasa Berlian Motor PekanBaru. Jurnal Valuta. Vol. 1. No. 2
Rusdiana. 2014. Manajemen Operasi. Bandung: Penerbit CV. Pustaka Setia.
Ramadhan, Ahmad Himaktiyar. 2018. Manajemen Operasional Rumah
Kepemimpinan Nurul Fikri Putra Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SunanKalijaga.
Santoso, Valentina Christanti. 2017. “Analisis Fungsi Manajemen Operasional padaPT.Puyuh Plastic”, AGORA. Vol, 5, No. 1.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kwantitatif,
Kualitatif, dan R & D, Alfabeta, Bandung.
Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk
PenelitiPemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sthefani, Putri Wita. 2019. Persaingan Usaha dalam Prespektif Etika Bisnis
Islam (Studi Kasus Pedagang Sayur Keliling dan Warung Sayur di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur). Lampung: Skripsi Tidak Diterbitkan.
Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: PenerbitTeras.
Tampubolon, Manahan P. 2004. Manajemen Operasional, Jakarta, Ghalia Indonesia.
Umar, Husein. 2001. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Widyanti, Vivi. 2019. “Analisis Fungsi Manajemen Operasional di PT So Good Food Wonoayu Sidoarjo”, AGORA. Vol. 7, No.1
Wijoyo, Hadion. et. all. Pengantar Bisnis. Selayo: Insan Cendekia Mandiri. Yuliana, Yayuk. 2017. Upaya Pembangun Loyalitas Konsumen Melalui Pendekatan Kualitatif Pada Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Di Fakultas Ekonomi UMN Al Washliyah Medan T.A 2013/2014, Vol. 2. No. 2.
DOI: https://doi.org/10.56842/esa.v1i1.98
Refbacks
- There are currently no refbacks.