ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH TABUNGAN HAJI DI BANK BRI SYARIAH KANTOR CABANG BIMA

yusuf yusuf, farid farid, wahyu ramadhana

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya persaingan yang ketat antara lembaga keuangan syariah yang dirasa perlu untuk mengembangkan strategi pemasaran yang kompetitif khususnya produk tabungan haji. Pemasar perlu mengetahui faktor apa yang menyebabkan mereka menyukai produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih tabungan haji di Bank Syariah Mandiri Tulungagung, yaitu : (1) Faktor Sosial, (2) Faktor Budaya, (3) Faktor Pribadi, (4) Faktor Psikologis. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan untuk penelitian sebanyak 99 orang.Tipe Penelitian ini adalah Non-Probability Sampling dengan menggunakan metode purposive sampling. Sumber data menggunakan data primer dengan mengisi kuesioner, dengan menyebar angket kepada responden. Dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji analisis faktor, uji asumsi klasik, uji linier berganda dan uji koefisien determinasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua faktor berpengaruh dalam keputusan nasabah, namun ada faktor yang paling dominan yaitu Faktor Psikologis Dan Faktor Sosial. Persentase Nilai R Square sebesar 0,961 menunjukkan 96,1%, sedangkan sisanya sebesar (100%-96,1%=3,9%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


Faktor Sosial, Faktor Budaya, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis dan Keputusan Nasabah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aeni, Wahyuni. 2013. Pengaruh Budaya, Psikologis Dan Pribadi Terhadap

Keputusan Nasabah Dalam Memilih Pembiayaan Murabahah Pada Bmt

Bina Ummat Mandiri Tambang. UIN SUSKA Riau.

Ali, Muhammad. 1998. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Moderen. Jakarta: Pustaka Amani.

Aziz, Abdul. 2018. Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Sosial Terhadap

Keputusan Pembelian Di Alfamart Kecamatan Tamalate Kota Makasar. UIN Alauddin Makasar.

Amir, Taufiq. 2005. Dinamika Pemsaran Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Amir, Taufiq. 2015. Dinamika pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Amrin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwita, Arifuddin. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

dalam keputusan membeli komputer di lingkungan mahasiswa fakultas

ekonomi dan bisnis. Universitas Hasanuddin Makasar.

Christina Octaviani, Margaretha. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa

Terhdap Keputusan Nasabah dalam Menabung Pada PT. Bank Mandiri di

Surabaya. Artikel Ilmiah. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Perbanas.

Dewan Perwakilan Rakyat RI. 2008. Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UU No 8 DPR RI). Jakarta : Sinar Grafika

Fatwa DSN MUI Tentang Tabungan, diakses dari https://dsnmui.or.id

Gayo, M Iwan. 2000. Buku Pintar Haji dan Umrah Edisi 1. Jakarta: Pustaka W Ginting, Elizabeth. 2014. Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Motor Mere “Honda” (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universits Budi Luhur.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Mutivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penebit Universitas Diponegoro.

Harinaldi. 2005. Prinsip-Prinsip Statistik untuk Teknik dan Sains. Jakarta: Erlangga.

Kamus, Tim Penyusun. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kotler, Philip dan Susanto, A. B.1999. Manajemen Pemasaran di Indonesia . Jilid I. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Jilid I. Jakarta : PT Indeks.

Kotler, Philip And Lane Keller, Kevin. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua

Belas Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2007. Prinsip Prinsip Pemasaran, jilid 1,

edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2010. Prinsip Prinsip Pemasaran, jilid 1, edisi 12. Jakarta: Erlangga.

M Nafi’, CH. 2015. Haji dan Umrah: Sebuah Cermin Hidup. Jakarta: Erlangga.McDaniel, Lamb Hair. 2011. Pemasaran (terjemahan) Edisi Bahasa Indonesia Jilid Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Mamang Sangadji, Etta dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Muchlis, Mustakim. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah Tabungan dalam memilih bank syariah vs konvensional. Asset Vol 3 No 1. Diakses 25 Agustus 2018.

Muhammad. 2013. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhamad. 2015. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Muharto dan Ambarita, Arisandy. 2016. Metode Penelitian Sistem Informasi:

Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian,

Ed. 1, Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish.

Mulazid, Ade Sofyan. 2017. Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran

Merk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan

Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok, Vol.8

No.1.

Pangestuti, Dwi. 2005. Faktor-faktor yang mempertimbangkan nasabah dalam

memilih asuransi jiwa syariah. Bandung: Pustaka Setia.

Purwanto. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif (untuk Psikologi dan Pendidikan). Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Prasetijo, Ristiyanti John J.O.I Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.

Reformulasi Kuota: Proyeksi Pertumbuhan Waitinglist Jemaah Haji 2017. diakses www.haji.kemenag.go.id

Statistik Perbankan Syariah. 2017. Januari: diakses dari www.ojk.go.id

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya

untukStrategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapan Dalam Pemasaran. Bogor Selatan : Grahalia Indonesia.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia

Swastha, Basu. 2002. Azas-Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori Kuesioner dan Analisis Data. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujianto, Agus Eko. 2009. Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Umar, Husein. 2014. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Ed. 2. Cet.13. Jakarta: Rajawali Pers.

Ujianto dan Abdurahman. 2004. Analisis Faktor-faktor yang menimbulkan

kecenderungan minat beli konsumen sarung: Study perilaku konsumen

sarung di Jawa Timur”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 6, No. 1, Jurusan Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Petra.




DOI: https://doi.org/10.56842/esa.v1i1.99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.