Analisis Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja di Alfamart Kota Bima

Fadlin Al Imam, Muhajirin Muhajirin, Ita Purnama

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat minat beli konsumen dalam berbelanja di Alfamart Kota Bima serta menguji apakah minat beli tersebut memenuhi kriteria yang ditetapkan sebesar 75%. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan 100 responden masyarakat Kota Bima yang pernah berbelanja di Alfamart melalui teknik accidental sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan studi pustaka, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji t satu sampel dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh item minat beli konsumen valid dengan nilai r hitung > 0,30 dan reliabel dengan Cronbach’s Alpha 0,735. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya, hasil uji t satu sampel menunjukkan nilai t hitung 103,264 lebih besar dari t tabel 1,660, sehingga H? ditolak dan H? diterima. Temuan ini membuktikan bahwa minat beli konsumen dalam berbelanja di Alfamart Kota Bima berada di atas kriteria 75% yang telah ditetapkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tingkat minat beli konsumen berada pada kategori tinggi dan menunjukkan penerimaan yang kuat terhadap layanan Alfamart.

Keywords


Minat Beli; Konsumen; Berbelanja; Alfamart.

Full Text:

PDF

References


Arista, D. E., & Astuti, S. R. T. (2019). Analisis Pengaruh Iklan, Desain Produk, dan Citra Merek terhadap Selera Konsumen. Jurnal Ilmiah Riset, 13(1), 37-45.

Faustina, S., & Maryati, D. E. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Grosir. Jurnal Manajemen EKonomi, Akuntansi, Bisnis Digital Dan Kewirausahaan (MEKANISDA), 1(01), 32-38.

Firdaus, I. Z., Purwoko, P., & Setyawan, R. R. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Distribusi Dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1466-1478.

Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh desain produk, pengetahuan produk, dan kesadaran merek terhadap minat beli produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105-126.

Kotler, P., Pfoertsch, W., & Sponholz, U. (2021). H2H Marketing. Cham: Springer International Publishing.

Listyoningrum, A., & Albari, A. (2012). Analisis minat beli konsumen muslim terhadap produk yang tidak diperpanjang sertifikat Halalnya. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 40-51.

Purwanto, M. G., Nurliani, R., Kaniawati, I., & Samsudin, A. (2018, May). Promoting the hydrostatic conceptual change test (HCCT) with four-tier diagnostic test item. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1013, No. 1, p. 012035). IOP Publishing.

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2021). The evaluation of facilities and infrastructure standards achievement of vocational high school in the Special Region of Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 25(2), 207-217.

Syah, M. A., & Indriani, F. (2021). Analisis pengaruh online customer review terhadap minat beli konsumen pada produk kosmetik (Studi kasus pada pengguna Famaledaily Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 9(3).

Syukri, A. I., & Hasbullah, H. (2019). Minat Konsumen membeli produk online shop ditinjau dari kepercayaan konsumen. Jurnal PROKSI (Jurnal Vokasi) Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 26-34.




DOI: https://doi.org/10.56842/esa.v2i01.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.